Sejarah Desa

Sejarah Singkat Desa Bila
Berdasarkan prasasti Desa Bila sudah sejak tahun caka 945/tahun 1023 masehi, pad azaman pemerintahan Sri Dharma Wangsa Rakata Pangkaja. Semula desa Bila berlokasi di daerah kawitan ( di sebelah barat desa bila yang sekarang ) dan dekat dengan sungai. Karena bencana alam penduduk desa bila sebagian ada yang pindah kearah timur dekat pohon bila yaang masih muda sehingga tempat itu disebut Bila Bajang yang sekarang Br. Dinas Kanginan, sebagian pindah kearah selatan dekat dengan pohon bila yang sudah tua sehingga tempat tersebut Bila Tua dan sebagian lagi ada yang pindah kearah barat  daya dekat dengan hutan bambu sehingga tempat itu disebut bontihing. Adapun batas-batas desa pada saat itu :
Utara               : Batu apit Desa pakuan (dsa Pakisan)
Selatan             : Desa Kubutambahan
Timur              : Desa Bulian
Barat               : Desa Sawan
Pada waktu itu Pura Kahyangan Tiga dan Kuburanya masih tetap satu yaitu di Desa Bila Bajang. Karena faktor giografis dan perkembangan pendudukny, maka masing-masing wilayah tersebut telah memiliki Pura Kahyangan Tiga dan Kuburan masing-masing, sehingga menjadi Desa Pakraman Bila Bajang (Br.Dinas Knaginan) dan Desa Pakraman Bila Tua (Br. Dinas Kawanan) yang masih tetap menjadi wilayah dinas Desa Bila. Sedangkan desa pakraman Bontihing menjadi wilayah Dinas Desa Bontihing. Walaupun demikian hubungan kekerabatan secara sekala dan niskala sampai saat ini masih tetap berjalan dengan baik, terbukti apabila piodalan di pure puseh Desa Pakraman Bila Bajang dan Pakraman Bila tua, Desa Pakraman Bontihing tetap hadir dan begitu pula sebaliknya
            Adapun Peninggalan-peninggalan zaman dahulu masih ada sampai saat ini yaitu seperti : Kuburan Kuno dan Pure Dalem yang disebut Pura Dalem Ilu. Secara historis Desa Bila sudah ada sejak berdirinya/terbentuknya suatu desa, terbukti dengan adanya Prasasti Bila. Berkat informasi dari para orang tua yang bisa dipercaya kami dapat menghimpun data perbekel sbb :
I Sukasari       Pejabat Perbekel Th 1907 s/d Th 1937
Gede Madu                               Th 1937 s/d Th 1962
I Ketut Gede                              Th 1962 s/d Th 1977
I Gede Gita                               Th 1977 s/d Th 1986
I Nyoman Pasar                         Th 1986 s/d Th 1994
Drs. I Ketut Arthawa                   Th 1994 s/d Th 2003
I Nyoman Arsa S.Pd                  Th 2003 s/d sekarang